shop-triptrus

Gua Pawon

  • Image courtesy of http://www.roberni.com
  • Image courtesy of http://fc04.deviantart.net
  • Image courtesy of http://img.photobucket.com
   
Di daerah Padalarang, lebih lengkapnya di kawasan karst atau batu kapur Citatah, di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Bandung. Di sana terdapat gua purba dengan luas lebih dari 300 meter persegi. Di dalamnya terdiri dari beberapa rongga seperti kamar. Juga terdapat beberapa jendela alami yang besar sehingga gua itu cukup terang oleh sinar matahari. Jalur jalannya seperti labirin dan menanjak mengarah ke tempat kuburan “manusia purba” berada, dan gua purba ini bernama Gua Pawon.

Letak Gua Pawon pada jaman dulu diasumsikan berada di tepian Danau Bandung Purba. Berdasarkan hasil survai A.C. De Yong dan G.H.R. Von Koenigswald tahun 1930-1935, ditemukan alat-alat budaya masa lalu dari bahan obsidian, kalsidon, kwarsit, rijang dan andesit. Alat-alat itu berupa anak panah, pisau, penyerut, gelang batu, batu asah dari Jaman Preneolitik. Jaman ketika manusia mulai hidup menetap di gua-gua atau ceruk, atau sering kali dijumpai di kawasan perbukitan gamping.

Di puncak Pr.Pawon terdapat gejala mikro-karst yang membentuk bongkah-bongkah menonjol dari permukaan tanah. Menjadikan puncak bukit ini sebagai taman batu alias Stone Garden. Proses pelarutan yang berjalan pada retakan-retakan batu gamping menyembulkan sisa-sisa pelarutannya berupa bongkah batu gamping yang tersusun dengan tidak teratur. Dengan tinggi yang berbeda-beda dan berelief kasar.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.

Trips


1 upcoming trips from 1 operators


Sep/05

Getaway Stone Garden And Pawon Cave

Rp250.000/orang

Grade: LightSafe for everyone, including children. No formal skill necessary.
Operator: idea trip indonesia  
×

...