shop-triptrus

MesaStila 100 2023


When
: 06 - 08 Oct 2023
Location
: MesaStila Resort and Spa, Magelang
Short URL
: http://triptr.us/nCz9

TripTrus.Com - Wisata olahraga lagi hits banget di Indo, terutama lari. Mulai dari lari kota ampe lari di alam liar, semuanya diadain tiap tahun. Kalo lo adalah tipe pelari yang mau ngerasain sensasi lari di tengah alam ciamik, ada event lari yang kece banget buat lo, namanya MesaStila 100. Apa sih acara ini? Mari kita cekidot.

Lari Lintas Alam Seru Banget! MesaStila 100 itu salah satu lomba lari lintas alam yang digelar tiap tahun di Jawa Tengah. Event ini dimulai dan berakhir di MesaStila Resort and Spa di Magelang dan punya rute lari yang melewati gunung-gunung keren di Jawa Tengah. Tujuan utamanya sih buat peserta bukan cuma bersaing sama yang lain, tapi juga buat ngeuji kemampuan diri sendiri.

Rute Lari yang Keren Abis! Di tahun ini, MesaStila 100 yang ke-13 akan digelar dari tanggal 6 sampe 8 Oktober 2023. Mereka targetin sekitar 300 pelari dari dalam negeri maupun internasional. Di event ini, ada lima kategori lari: 100K, 65K, 42K, 21K, dan 12K. Setiap rutenya punya tantangan sendiri-sendiri. Peserta akan melewati gunung-gunung cantik di sekitar Magelang kayak Gunung Andong (1726 m), Gunung Merbabu (3145 m), Gunung Telomoyo (1894 m), dan Gunung Giliituri (1368 m). Selain itu, mereka juga bakal lari di jalur yang menantang, hutan dengan pepohonan yang rimbun, jalan-jalan kecil di pedesaan, persawahan, dan masih banyak lagi. Seru banget, kan?

Ada syarat juga buat peserta yang mau ikutan kategori tertentu, salah satunya adalah mereka harus udah pernah menyelesaikan lari lintas alam dengan jarak tertentu antara Januari 2021 sampe Desember 2022. Misalnya, buat ikutan 100K, harus udah pernah lari lintas alam minimal 65K. Buat yang 65K, harus udah pernah lari lintas alam minimal 42K, dan seterusnya. Kalo buat yang 21K dan 12K, gak ada syarat khusus, tapi tetep harus siapin diri buat ngadepin medan alam dan cuaca yang ekstrem.

Wisata Olahraga Lainnya di Magelang yang Gak Kalah Seru! MesaStila 100 emang keren banget, tapi selagi di Magelang, sayang kalo gak nyobain wisata olahraga lainnya. Ini nih beberapa rekomendasi dari kita!

[Baca juga : "Tobamar Festival 2023"]

  • Sunrise di Candi Borobudur

Selain jadi candi Buddha terbesar di dunia dan jadi Situs Warisan Dunia UNESCO, Candi Borobudur di Magelang ini juga punya pemandangan matahari terbit yang keren banget. Banyak cara buat ngerasain sunrise di Borobudur, tapi kalo mau yang nyaman, kita saranin buat nginap di Manohara Hotel Borobudur yang deket banget sama candi itu.

Kalo gak mau nginap, Manohara Hotel Borobudur juga punya paket tur sunrise Borobudur buat pengunjung yang gak nginep di hotel mereka. Tapi, lo harus dateng jam 04.30 WIB buat dapetin pengalaman sunrise yang maksimal. Jalan-jalan pagi sambil jogging dan liat matahari terbit di Borobudur bakal jadi momen wisata olahraga yang gak terlupakan banget.

  • Rafting di Sungai Elo Magelang

Kalo udah puas lari dan pengen nyoba wisata olahraga lain yang seru, cobain deh rafting di Magelang. Banyak sungai di sini yang cocok buat rafting. Salah satunya Sungai Elo yang juga punya pemandangan keren sepanjang jalurnya.

Kalo lo belom pernah rafting sebelumnya, Sungai Elo bisa jadi pilihan yang pas. Meskipun tingkat kesulitannya rendah, cocok buat yang gak bisa berenang, tapi tetep harus dengerin instruksi dan pake peralatan pengaman yang disediain biar perjalanan lebih aman. Ada banyak penyedia jasa rafting di Sungai Elo, termasuk Citra Elo dan Elo River Magelang. Yuk, rencanain petualangan lo dan selamat bersenang-senang!

  • Bersepeda Sambil Menikmati Desa Wisata

Kalo mau yang lebih santai, lo juga bisa bersepeda sambil menikmati suasana desa di sekitar Candi Borobudur. Magelang udah diakui sebagai Kota Ramah Sepeda sama Komunitas Bike2Work (B2W) tahun lalu, jadi ada banyak jalur sepeda di sini, termasuk yang lagi dikembangin.

Gak usah khawatir kalo lo gak bawa sepeda sendiri, banyak tempat penyewaan sepeda di sekitar Candi Borobudur. Selain itu, lo juga bisa mampir ke beberapa desa dan ikut kegiatan seru sama penduduk setempat, kayak bercocok tanam di Desa Karangrejo, masak masakan khas di Desa Candirejo, atau nonton proses pembuatan batik di Desa Wanurejo.

Seru banget, kan, wisata olahraganya? Jadi, buat yang suka lari atau pengen coba pengalaman seru lainnya, Magelang punya banyak pilihan buat lo. Selamat berpetualang! (Sumber Foto @mesastila100) 

   

Other Event

May/18 | Festival Budaya Isen Mulang 2024

TripTrus.Com - Bro, jadwal buat Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) udah keluar nih dari panitia penyelenggaranya. Nah, ini dia tanggalnya, guys, 18-23 Mei depan, dan kegiatan ini udah masuk jadi salah satu acara keren di kalender event nasional, loh!       View this post on Instagram A post shared by Andri Prmna (@andri_pmana) Gak jauh beda sama tahun lalu, ada banyak atraksi seni budaya dan pertunjukan tradisional yang bakal bikin seru festival ini. Ada lomba lawang sakepeng, tari daerah, besei kambe, karungut, dan masih banyak lomba-lomba tradisional keren lainnya yang bakal bikin FBIM makin asyik. [Baca juga : "Gelar Melayu Serumpun 2024"] Nih, tujuannya ngadain perlombaan ini juga buat promosi, supaya bisa nambahin jumlah turis yang dateng, gitu, bro. (Sumber Foto: @kenzu_sawung)  ...
more.

May/16 | Gelar Melayu Serumpun 2024

TripTrus.Com - Bro, setelah disaring selama tiga bulan, 110 event keren akhirnya masuk dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 dari total 252 event yang diajukan. Gelar Melayu Serumpun, jadi salah satu yang terpilih, nih, dari semua event di Indo. Jadi, menurut Yuda Setiawan, Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, tujuan dari event Gelar Melayu Serumpun ini tuh buat ngejaga budaya Melayu gitu. Gelar Melayu Serumpun ini kayak ajang silaturahmi gitu, loh. Ngumpulin orang-orang Melayu dari berbagai tempat, baik di Indo maupun negara lain, buat ngobrolin budaya mereka.       View this post on Instagram A post shared by Setiawan Yua (@setiawan12yuda) [Baca juga : "Noken Street Fashion 2024"] Katanya sih, event ini bakal digelar di bulan Mei nanti, tepatnya pertengahan bulan, tanggal 16-19. Tapi, masih harus ngomongin detailnya lagi sama atasan. Yuda bilang, Pemko Medan tetep fokus buat ngegenjot pariwisata di daerah sana, baik buat turis lokal maupun mancanegara. Nggak cuma itu, mereka juga bakal ngadain berbagai kegiatan buat nambahin nilai buat pengusaha kreatif yang ada di Medan. (Sumber Foto: @genpisumut.official)  ...
more.

May/15 | Noken Street Fashion 2024

TripTrus.Com - Noken Street Fashion 2024 bakal digelar 15-16 Mei di Taman Hutan Kota Isakusa, Wamena. Dulu, Noken Street Fashion jadi bagian dari Festival Budaya Baliem. Tapi tahun ini, dia jadi festival sendiri, bro! Ngomongin talenta-talenta muda Jayawijaya di bidang modeling sama fashion desainer, Noken Street Fashion kayak panggungnya, loh. Makanya, nggak heran kalau dia jadi magnet buat anak muda yang pengen nunjukin kemampuan mereka.       View this post on Instagram A post shared by Septianda Perdana (@septiandaperdana) Teman baiknya Noken Street Fashion tahun ini adalah The Beauty of Oasika. Mereka kepikiran sama keindahan rumput Owasi-Owasika, yang cuma bisa ditemuin di lembah Baliem. Nah, rumput itu punya cerita sendiri, dia sering dipanggil rumput Mei, karena tiap bulan Mei, warnanya berubah-ubah dari hijau ke ungu-unguan yang merah merona. [Baca juga : "Festival Pesona Aekhula 2024"] Acara di Noken Street Fashion nggak kalah seru. Mulai dari fashion show yang bahan utamanya dari noken, sampe lomba fashion show, pameran produk UMKM, tarian tradisional, dan lomba senam. Semua lengkap deh, bro! (Sumber Foto: @wigati_triutami)  ...
more.

Comment

ButikTrip.com
remen-vintagephotography
×

...