shop-triptrus

Festival E'tu


When
: 10 - 15 Jul 2022
Location
: Kab. Nageko
Short URL
: http://triptr.us/m7R9

TripTrus.Com - Kabupaten Nagekeo di Nusa Tenggara Timur (NTT) tengah mengembangkan atraksi budaya yang bisa menjadi daya tarik pariwisata lokal yaitu Tinju Etu. Budaya ini biasanya dilakukan kaum laki-laki masyarakat adat di Kabupaten Nagekeo dan Ngada, Flores, NTT.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengatakan, tradisi ini bisa dilihat di 31 kampung adat dan dilakukan sepanjang bulan setiap tahunnya. “Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores menawarkan Etu ini sebagai pintu masuk Nagekeo. Etu sebagai pioneer pariwisata Nagekeo,” katanya.

Untuk menunjang atraksi tersebut sebagai daya tarik wisata, pihaknya bersama Dinas Pariwisata NTT tengah menata ulang semua sistem pendukung wisata. Semua itu, seperti kerajinan, penerapan Sapta Pesona di Kampung Adat, penataan lingkungan, dan mengembangkan kamar di rumah penduduk yang layak sewa. Kabupaten Nagekeo juga mendapat bantuan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), sehingga masyarakat adat, kamar-kamarnya bisa digunakan untuk menerima tamu.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh nagekeo_yes (@nagekeo_2cool

Tinju Etu merupakan sebuah atraksi budaya sebagai salah satu rangkaian acara adat untuk memperingati hari menanam hingga panen kebun. Biasanya, tinju Etu dilakukan pada Bulan Juni dan Juli setiap tahunnya. Selain itu, tradisi ini juga menjadi bagian integral dalam rangkaian adat Nageko dan Ngada yang sudah berlangsung berabad-abad.

Tinju Etu juga merupakan bagian dari ritual adat lainnya yang wajib dilaksanakan di tempat tertentu, yaitu Kisa Nata (alun-alun) dan rumah adat (sa’o waja). Kedua tempat itu merupakan pusat dari aktivitas adat dan kebudayaan masyarakat Nagekeo dan Ngada.

Wisatawan bisa mengikuti rangkaian atraksi budaya itu, bahkan sejak sehari sebelumnya. Ada serangkaian acara menarik yang diselenggarakan, seperti pertunjukkan seni musik dan tari dero. Pada hari bertarung tiba, wisatawan akan melihat para petarung terbaik mewakili masing-masing desa.

[Baca juga : "Festival Inerie"]

Ada yang menarik dalam atraksi ini. Para petarung di akhir pertandingan, petinju akan saling berpelukan dan melambaikan tangan ke penonton. Hal itu yang melambangkan sikap atau simbol perdamaian, persaudaraan, dan persatuan. Selain itu, juga karena motif atau latar belakang penyelenggaraan tinju adat ini adalah murni bagian adat untuk mempersatukan masyarakat.

Selain bisa menonton tinju adat, para wisatawan juga bisa menyaksikan bagaimana para perempuan mengambil peran sebagai penyemangat petarung melalui lagu daerah yang mereka nyanyikan.  (Sumber: Artikel milenianews.com Foto   victorynews.id) 

   

Other Event

Apr/29 | Solo Menari 2024

TripTrus.Com - Bro, buat kalian yang demen sama tari-tarian, nih, Solo Menari bakal bikin heboh hari Senin, 29 April 2024! Ini bakal digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, tempat yang legendaris banget buat seni dan budaya. Kalo liat Jawa Tengah Calender of Events 2024, acara gede-gedean di Solo ini bakal ngasih kita tontonan gerakan tari yang keren banget, pastinya nggak bikin ngantuk.       View this post on Instagram A post shared by Andi TNF (@anditrinurfauzi) Tema tahun ini buat wisata kesenian dan budaya Jawa Tengah adalah Animal Movements. Nah, tema ini nggak cuma soal gerakan aja, tapi juga ngasih kita inspirasi buat belajar gimana kita bisa hidup berdampingan sama alam dan lingkungan sekitar. Tema Solo Menari 2024 juga punya tujuan yang bagus, yakni buat bikin kita lebih akrab sama semua makhluk ciptaan Tuhan, bro. Selain itu, tema Animal Movements ini juga ngebahas gimana gerakan hewan bisa jadi berpengaruh banget dalam perkembangan seni tari manusia. Keren kan? Banyak banget karya tari yang terinspirasi dari gerakan hewan, loh. [Baca juga : "Festival Semarapura 2024"] Acara ini termasuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan bakal diadain di beberapa tempat keren di Solo, kayak Solo Safari, Taman Sriwedari, Taman Balekambang, sama Taman Banjarsari. Buat info tambahan, Solo Menari 2024 bakal dimulai dari jam 4 sore sampe jam 10 malam. Di acara ini, kalian bakal bisa nonton tari-tarian tradisional dan modern yang keren banget dalam pertunjukan yang spektakuler. Tahun lalu, di Solo Menari 2023, acaranya dimulai dengan kirab gunungan dari Pura Mangkunegaran ke koridor Ngarsopuro. Di atraksi budaya ini, penari-penari cewek dari berbagai umur kelihatan banget semangatnya pas ngedandani tarian. Ada ratusan penari dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, pecinta tari, dan penikmat tari yang ikutan. Penontonnya sampe kehipnotis gitu liat penampilan mereka. Keren banget, kan? (Sumber Foto: @arianiballetschool)  ...
more.

Apr/28 | Festival Semarapura 2024

TripTrus.Com - Yo guys, Pemkab Klungkung lagi pada nge-rapin Festival Semarapura, loh! Ajang tahunan ini bakal digelar abis peringatan Hari Puputan Klungkung, dari tanggal 28 April sampe 1 Mei 2024. Makanya, Dinas Pariwisata tuh abis nyetel duit sekitar Rp800 juta buat bikin Semarapura Festival makin asoy! Ni Made Sulistiawati, bosnya Dinas Pariwisata Klungkung, cerita kalo mereka udah mulai nyiapin Festival Semarapura 2024. Dari rencana acaranya, siapa aja yang bakal tampil, sampe koordinasi sama lembaga-lembaga terkait. Baru-baru ini, pada Kamis (21/3/2024), Dinas Pariwisata udah kopi darat sama Polres Klungkung.       View this post on Instagram A post shared by Planet Kita Bali (@planetdenpasar) Sulistiwati bilang di kopi darat itu, dia udah ngejelasin soal rencana Festival Semarapura 2024. Tempatnya bakal di depan Puri Agung Klungkung, sebagai gerbang masuk. Terus ada panggung utama di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe. Lalu makanan-makanan enak bakal ada di Jalan Deponogoro atau sisi timur Catus Pata Semarapura. Jadi, jalanan utama di Kota Semarapura bakal ditutup beberapa hari buat Semarapura Festival. [Baca juga : "Festival Bale Nagi 2024"] "Dalam rapat koordinasi itu, kami juga cerita soal penutupan jalanan utama di Kota Semarapura buat beberapa hari selama Semarapura Festival," kata Sulistiawati, Minggu (24/3/2024). Nah, soal bintang tamu dan pengisi acara yang bikin penasaran, Sulistiawati bilang mereka lagi ngatur rencana dan koordinasi. Yang pasti, buat Semarapura Festival 2024, Dinas Pariwisata udah alokasin duit sekitar Rp800 juta. Buat info, Festival Semarapura udah masuk tahun keenam nih. Agenda rutin ini udah jadi langganan dan masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Di Bali, ada tiga event tahunan yang masuk KEN, dan dua di antaranya ada di Klungkung, yaitu Festival Semarapura yang digelar tiap April, dan Festival Nusa Penida yang biasanya diadain tiap Oktober. (Sumber Foto: @dartha_muggle)  ...
more.

Apr/25 | Festival Rimpu Mantika 2024

TripTrus.Com - Bro, jangan lupain Festival Rimpu Mantika di Kota Bima yang bakal digelar selama tiga hari, bro! Mark the date, guys, tanggal 25-27 April 2024 nih. Buana Eka Putra, yang jadi Kepala Bidang Pemasaran Wisata di Dinas Pariwisata Kota Bima, udah ngasih heads up, nih. Festival Rimpu Mantika bakal digelar di Lapangan Serasuba, Kota Bima. Mereka targetin bakal ada sekitar 50 ribu orang yang ikutan.       View this post on Instagram A post shared by festival rimpu mantika (@rimpu_mantika) Kata Buana, semua orang dari Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu bisa join. Confirm banget tuh, Senin, 26 Februari 2024 lalu. Nah, ngomongin soal acaranya, nanti ada beberapa lomba keren. Ada Lomba Fashion Show, Lomba Kapatu Mbojo, Lomba Rawa Mbojo, sama Lomba Kareku Kandei. Eh, gak cuma lomba doang, bro. Mereka juga siapin serangkaian kegiatan seru, kayak atraksi seni dan budaya, tarian kolosal, dan bazar ekonomi kreatif. Dan yang paling ditunggu, tentu aja, Pawai Rimpu. [Baca juga : "Solo Menari 2024"] Buana yakin banget nih, Festival Rimpu Mantika bakal jadi hits. Mereka udah siap dari segi persiapan, udah meeting sama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan juga sponsor biar bisa ikut andil di festival ini. "Dan buat promosi, udah mulai dari awal Februari lalu. Udah ada di medsos Pemkot," tambah Buana. Nah, FYI aja, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) udah tetapin 110 kegiatan buat masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) tahun 2024. Dan dari NTB, ada tiga event keren, termasuk Festival Rimpu Mantika di Kota Bima, guys! (Sumber Foto: kominfotik.bimakota.go.id)  ...
more.

Comment

ButikTrip.com
remen-vintagephotography

Related Trip

No trip related to this event
×

...